Pengertian

Agrigenomik adalah cabang ilmu yang mempelajari genomik tanaman dan hewan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, kualitas hasil, dan keberlanjutan lingkungan. Bidang ini memanfaatkan teknologi dan analisis genetika untuk memahami dan mengoptimalkan karakteristik genetik yang penting bagi pertanian. Agrigenomik dapat mendorong produktivitas berkelanjutan dan menawarkan solusi untuk tantangan  penyediaan pangan pada populasi global. Dengan menggunakan teknologi modern, petani, peternak dan peneliti dapat dengan mudah mengidentifikasi penanda yang terkait dengan sifat yang diinginkan untuk menghasilkan keputusan budidaya dan pemuliaan yang tepat dengan hasil yang terbaik. 

Next Generation Sequencing (NGS) dapat mendukung agrigenomik dengan menyediakan analisis DNA yang cepat dan akurat. NGS memungkinkan identifikasi varian genetik yang berkontribusi terhadap sifat-sifat penting seperti ketahanan terhadap penyakit, pertumbuhan yang lebih cepat, dan kualitas hasil yang lebih baik.

Teknologi NGS Illumina dapat mendukung akselerasi pengembangan dan studi agrigenomik mulai dari penemuan baru dengan metode Whole-Genome Sequencing hingga Screening untuk pemuliaan hewan/tanaman yang hemat biaya.

  • Workflow yang mudah
  • Biaya yang rendah
  • Hasil data yang berkualitas
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan
Agrigenomik - website

See the power of genomics in agriculture